Pertanyaan:

Selamat malam.

Saya ingin konsultasi hukum pak/bu
Mengenai penipuan.
Saya merupakan korbannya kena 5jt an. Sementara masih banyak orang lain juga. Dengan di iming-imingi minta bantuan untuk bisnis atau bantuan pinjam hutang. Tapi saat di tagih dia malah membentak dan membalikan lidah. Seperti kata apa hak anda dan lain lainnya. Bukan hanya itu dia kemudian juga melakukan fitnah kepada mantan korban korbannya dengan mencoreng nama baik korbannya tersebut dan berharap untuk bisa di pinjami uang lagi kepada calon korban barunya.
Saya punya banyak bukti dan kontak korban”nya. Saya ingin memberikan pelajaran sama yang lainnya agar kasus ini tidak banyak memakan korban lagi.
Sebaiknya saya harus gimana ya pak/bu

Jawaban:

Tindakan hukum yang dapat anda lakukan adalah menempuh jalur hukum pidana berupa membuat laporan polisi dalam dugaan tindak pidana penipuan. Sebelum anda buat laporan polisi disarankan kepada saudara untuk terlebih dahulu memberikan surat peringatan hukum atau somasi kepada pelaku penipuan untuk mengembalikan kerugian materil yang anda derita akibat perbuataannya. Akan tetepai apabila somasi tersebut tidak di indahkan maka segera buat laporan polisi agar tidak ada korban korban lainnya.

Demikian disampaikan pendapat hukum.
Windu wijaya SH MH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here