Pertanyaan:

Dengan Hormat.
Bapak/Ibu

Saya Edhik dari Bogor, mau bertanya tentang masalah yang saya hadapi.

Kronologi singkatnya :
Saya membeli barang berupa Pohon dari si A (yang ternyata bukan pemilik dan juga tidak seijin pemilik) senilai Rp. 700.000- sudah saya bayar lunas, barang tersebut sudah saya olah dan beberapa hari kemudian si B (pemilik barang) menuntut kepada saya untuk membayar/mengganti uang dengan nilai jauh diatas harga yang ditetapkan si A yaitu Rp. 4.000.000,-. Saya sudah memenuhi tuntutan si B. Jadi saya membayar dua kali yaitu kepada si A dan si B.
Kepada si A saya meminta kompensasi Rp. 2.000.000,- (separo dari tuntutan si B), namun si A hanya mau memberi kompensasi Rp. 500.000 dan saya tolak.

Pertanyaan saya ;
– Bisakah saya menuntut pertanggung jawaban si A secara hukum dengan lapor Polisi ?
– Langkah apa yang harus saya tempuh untuk itu ?

Demikian pertanyaan saya.
Terimakasih sebesarnya atas jawaban dan sarannya.

 

Jawaban:

Menjawab pertanyaan sdr. Maka dapat kami sampaikan sebagaj berikut :

Bahwa saudara dapat melakukan upaya hukum berupa mengajukan laporan polisi dalam dugaan tindak pidana penipuan yg telah dilakukan oleh si A tersebut. Sebab si A telah melakukan rangkaian kebohongon dan tipu mhslihat yg menimbulkan kerugian kepada saudara.
Adapun yg harus saudara siapkan untuk membuat laporan polisi adalah bukti bukti terkait penipuan yg tlh dilakukan oleh si A termasuk bukti penyerahan uang.
Demikian disampaikan.
Windu Wijaya (SH MH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here