Pertanyaan:

Saya ingin menanyakan kasus saya yang berbeda dari yang lain.
Cerita sedikit masalah saya ini, saya dari bulan Oktober 2016 bekerja full time untuk sebuah perusahaan X (resmi terdaftar/ PT) sampai sekarang ini. tapi pada akhir tahun 2016 itu saya bertemu dengan seseorang yang sedang mendirikan perusahaan startup(resmi terdaftar/ PT), dan dari awal saya berjanji untuk membantunya tanpa meminta gaji atau lainnya.

Singkat cerita pada bulan berikutnya dia meminta saya menandatangani LOA (letter of agreement) atau perjanjian kerja dalam full bahasa inggris tanpa ada bahasa indonesia di atas materai yang judulnya adalah UNDEFINITE TIME WORK AGREEMENT. pada waktu itu dia berkata bahwa, intinya perjanjian ini lebih ke menjaga rahasia perusahaannya.

yang ingin saya tanyakan adalah apakah perjanjian kerja ini berlaku dan di akui hukum Indonesia? apakah saya masih terikat kerja walaupun saya tidak di gaji? jika saya ingin benar benar lepas, apakah berarti saya harus mengajukan surat resign?

sekian dan terima kasih.

lampiran perjanjian kerja saya lampirkan, nama dan nama PT saya sudah hapus demi kerahasiaan. terima kasih

Jawaban:

Atas pertanyaan saudara dapat di sampaikan sebagaj berikut :

Dalam ketentuan undang undang ketenagakerjaan perjanjian kerja wajib berbahasa indonesia. Maka apabila ada perjanjian kerja yang hanya berbahasa asing tampa di buat perjanjian bahasa indonesia maka perjanjian kerja tersebut tidak berlaku.
Adapaun untuk surat resign dapat saja anda ajukan dan dapat juga anda sampaikan secara lisan sebab hubungan kerja anda pada prinsipnya tidak berlandaskan kontrak kerja sehingga tidak ada ketentuan pasti tentang tentang tatacara pengunduran diri.
Demikian disampaikan.
Windu Wijaya SH MH.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here